gratisan tidak berarti murahan

godaan untuk mencoba platform WP begitu besar,hunting sana hunting sini sambil blogwalking dan mencari referensi,apa kekurangan dan kelebihan wordpress di banding platform blogspot,ternyata imbang dan tidak begitu berdampak signifikan buat seorang newbie seperti saya,karena memang sejak awal hanya ingin mempunyai blog pribadi,tidak lebih…

percobaan pertama 2 hari yang lalu gagal,karena theme yang ada tidak sesuai dengan angan-angan saya,referensi menyebutkan bahwa kalau ingin memakai theme yang di sukai harus memakai self hosting,nah ini problemnya,bukan masalah uangnya,kalau sewa hosting paling cuman 5rb/bln,prosesnya yang bikin malas,dan saya juga bukan penggemar adu gengsi,selama masih ada yang gratis dan berkualitas,no problemo,domain gratisan,hosting juga gratisan,yang penting isinya bung..bukan begitu?

tampilan dari online file manager
tampilan dari online file manager
hosting gratisan akhirnya saya dapatkan secara tidak sengaja,milik Indonesia juga,dan memang ada beberapa settingan yang berbeda bagi mereka yang terbiasa memakai hosting luar negeri seperti OOwebhost misalnya,dan enaknya lagi unutk tranfers file tidak perlu FTP seperti kebanyakan yang di pakai teman-teman yang sudah senior,sudah di sediakan secara internal di control panel hosting untuk upload file,baik untuk theme ataupun untuk plugin,cukup membantu untuk pemula seperti saya…

untuk instalasi CMS wordpress juga tidak ribet,di control panel sudah di sediakan secara otomatis format CMS apa yang akan kita gunakan nanti,dari drupal,joomla,WP dsb…tinggal klik dan instal,hanya saja WP yang di sediakan masih versi 2.8,tapi buat pemula sudah lumayan cukup,tinggal upgrade saja ke WP yang baru secara otomatis jika menghendaki…dan lagi-lagi tanpa perlu bantuan FTP…

untuk upload file theme,plugin serta file lainnya,ternyata cukup melalui online file manager,tidak perlu ribet,file yang berupa rar atau zip langsung bisa kita upload,jika koneksi memungkinkan,bisa langsung upload 5 plugin secara bersamaan,atau 5 theme secara bersamaan,bisa juga anda extract dulu file plugin/theme,lalu di upload..


tampilan dari online file manager
tampilan dari online file manager

buka directory dimana kita akan menyimpan/menambah plugin/theme,upload file,bisa masih berupa rar atau zip,tunggu hingga beberapa saat,lalu proses selesai,dan tinggal aktivasi plugin/theme dari dashboard WP…semudah itu,tidak perlu dengan FTP atau perangkat sejenis,karena bagi pemula seperti saya,FTP dan sejenisnya malah bikin pusing,jika ada yang instan dan mudah ,kenapa harus di persulit?


pilih rar/zip atau sudah di ekstrak,terserah anda,semua bisa di sini...
pilih rar/zip atau sudah di ekstrak,terserah anda,semua bisa di sini...

mengenai cara registrasi di esc-webhosting saya kira anda sudah paham semua,tidak perlu saya jelaskan di sini,sama seperti proses registrasi lainnya,cuman di sini kita tidak bisa memakai account email dari yahoo,harus memakai account email dari google,tapi saya kira tidak ada masalah,toh semua mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing,dan kelebihan dari esc-webhosting adalah milik orang Indonesia,tidak perlu 48jam untuk menunggu aktivasi,setelah punya account dan di aprove oleh esc-webhosting,saat itu pula langsung bisa di pakai,…

berakit-rakit ke hulu,berenang-renang kemudian,kira-kira itu kalaimat yang pantas unutk pemakai platform WP dengan fasilitas gratisan seperti saya,tapi bukan murahan,buktinya dengan koneksi saya yang teramat minim,loading blog lancar-lancar saja,sudah saatnya mencoba hal yang baru,tahun baru,rumah baru,platform baru,serta mindset yang baru…semoga….


tampilan esc-webhosting
tampilan esc-webhosting
barangkali ada yang mau menambahkan,dengan senang hati akan saya terima…..

sampah artikel lainnya:

~new comments~

Make Your Own by widodo