web dan blog,perbedaan yang semakin bias..

Gara2 salah seorang temen lama nge-buzz di YM dan tanya berapa harga pembuatan website untuk kepentingan bisnisnya, jadi lah saya menuliskan tulisan ini. Karena ternyata disamping keinginannya membuat website bisnisnya, teman saya juga mau punya website pribadi.
Hasil ngobrol sana sini akhirnya muncul pertanyaan apa sih bedanya web, website dan blog, hosting itu apa, trus kenapa ada yang http atau https. Akhirnya supaya lebih jelas jawabannya buat Sanny , akan saya coba tuliskan di sini. 

world wide web, web, site, atau situs mengandung makna yang sama yaitu kumpulan halaman-halaman web yang berisi text, gambar, video, dan materi digital lainnya yang diletakkan atau dihosting di web server yang biasanya diakses mengunakan teknologi internet.
beda blog dgn website adalah CONTENT-nya , kalau BLOG itu lebih personal dan lebih interaktir (bentuknya bebas, terserah yg punya, tanggung jawab moral kecil)  dan kalau website 'harusnya' lebih obyektif dan informatif., Kalo kata pakar IT blog itu agak susah di definisikan. Tapi dengan melihatnya  kita bisa tahu itu blog atau bukan
website juga ada sih yg interaktif. apalagi web yg mewadahi komunitas tertentu. 
Intinya semua hal yang bisa dilihat lewat browser internet, itulah website.  

Bedanya Blog  dengan Website?
Website
website bisa ada beragam, kalau website itu berisikan banyak berita terkini dan menjadi pusat segala informasi, maka website itu bisa dikategorikan dalam portal. Misalnya: Kompas.com, Detik.com, PortalHR.com, Seleb.tv, Kapanlagi.com, dll. Masing-masing portal biasanya punya segmennya sendiri-sendiri. Makanya, ada yang disebut dengan portal berita, portal hiburan, portal pendidikan, dan macam-macam.
Ada pula website yang dikategorikan sebagai website komunitas, dimana isinya berisi sekumpulan anggota yang mempunyai ketertarikan yang sama. Misalnya: Kaskus.us, Kafegaul.com dan lain-lain

Blog
blog adalah website yang isinya berupa tulisan-tulisan yang merupakan opini dari pemilik blog. Biasanya blog disajikan berurutan berdasarkan tanggal. Tulisan terbaru yang dibuat, dimunculkan di paling atas. Ciri lain dari blog adalah adanya komentar. Pembaca blog bisa memberikan tanggapan terhadap isi tulisan. Penulis blog bisa memberikan balasannya pula di bagian komentar itu. sehingga tercipta diskusi disana.
Yang membuat Blog lebih dipercaya dari website biasa : Blog merupakan “percakapan”.
Blog tidak hanya sekedar “memberikan informasi” pada pengunjung. Blog melakukan “percakapan” menggunakan media tulisan. Ide dari banyak orang bercampur di blog. Dan percakapan via blog ini mendorong lebih banyak hal, dan salah satunya merupakan “membangun hubungan antar manusia”.

Apakah blog itu harus gratis?

Nggak juga. Kebetulan saja kebanyakan penyedia blog memberikannya secara gratis. Ada pula penyedia layanan blog premium ( hayoo siapa yang MP nya sudah Premium account ? ).  Jadi, nggak ada hubungannya sebuah blog dengan layanannya yang gratis atau bayar.

Apa hubungannya blog dengan penggunaan alamat domain sendiri?

Buat yang baru ngeblog seperti saya ini mungkin  akan lebih efisien untuk membuat blog gratisan seperti wordpress, blogspot atau multiply tercinta ini , atau mau ikut arti2 bikin di blog detik juga bisa dan gak usah pusing2 design blog sendiri karena sudah ada themes yang bisa di pilih di sana.
Tapi untuk mereka yang mulai serius ngeblog, ya sebaiknya mulai  ngeblog dengan alamat domain sendiri  ( *ini saya pengen banget sebetulnya *). Alamat domain bisa diakhiri dengan .com, .net, .org, .tv, dan macam-macam...misal nganjuk.com ..nganjuk.net , nganjuk.web.id.Suka2 aja, Cuma untuk memiliki blog di alamat domain sendiri, kita harus beli alamat domain dan sewa server.Harga juga tergantung dari pemilik domain dan hosting....

Terakhir pertanyaan nya, apa bedanya HTTP dan HTTPS ? 

HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Yang meminta/menjawab antara client dan server, (* detilnya mah banyak deh lebih seriusnya tanya orang IT deh*)

HTTPS adalah versi aman/secure  dari HTTP, untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.  ( *susah bener dah ngartiinnya, contekannya begitu *)
Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.
Pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’ bukan dengan ‘http://’

Kesalahpahaman yang sering terjadi pada pengguna kartu kredit  atau internet banking di web ialah dengan menganggap HTTPS “sepenuhnya” melindungi transaksi mereka. Sedangkan pada kenyataannya, HTTPS hanya melakukan enkripsi informasi dari kartu mereka antara browser mereka dengan web server yang menerima informasi. Pada web server, informasi kartu mereke secara tipikal tersimpan di database server (terkadang tidak langsung dikirimkan ke pemroses kartu kredit), dan server database inilah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan
(info https dan http dari http://www.indonesiaindonesia.com)


*dirangkum dari berbagai sumber.....


sampah artikel lainnya:

~new comments~

~archive~

Make Your Own by widodo